Jumlah korban : 4.375 org
Doña
Paz adalah kapal ferry penumpang yg tenggelam setelah bertabrakan
dengan kapal tangker “Vector” pada tanggal 20 Desember 1987. Saat itu
kapal sedang melakukan perjalanan dari kepulauan Samar – Filipina.
Ketika berada di selat Tablas diantara pulau Mindoro dan Tablas kapal
bertabrakan dengan kapal tangker “Vector” yg sedang membawa 8.800 barel
minyak. Muatan dari kapal tangker itu langsung terbakar dan menyambar
Doña Paz. Saking ganasnya api Doña Paz tenggelam hanya beberapa menit
kemudian.
Meskipun pernyataan resmi dari pihak berwenang jumlah penumpang adalah 1.568 org (meski kapasitas maksimum kapal hanya 1.518 org) tapi dari berbagai kesaksian korban selamat saat itu kapal benar-benar kelebihan muatan dan akhirnya diketahui jumlah korban tewas adalah 4.375 org. 21 org korban selamat karena bisa berenang menjauhi kapal dan tidak ada waktu untuk menurunkan sekoci penyelamat. Penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan bahwa kru kapal tidak bisa memenuhi standar keamanan dan ijin pengoperasian kapal ternyata sudah habis. Musibah Doña Paz sampai saat ini menjadi kejadian kecelakaan laut terburuk dalam sejarah.
2. Halifax Explosion
Jumlah korban : 1.950 org
Meskipun pernyataan resmi dari pihak berwenang jumlah penumpang adalah 1.568 org (meski kapasitas maksimum kapal hanya 1.518 org) tapi dari berbagai kesaksian korban selamat saat itu kapal benar-benar kelebihan muatan dan akhirnya diketahui jumlah korban tewas adalah 4.375 org. 21 org korban selamat karena bisa berenang menjauhi kapal dan tidak ada waktu untuk menurunkan sekoci penyelamat. Penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan bahwa kru kapal tidak bisa memenuhi standar keamanan dan ijin pengoperasian kapal ternyata sudah habis. Musibah Doña Paz sampai saat ini menjadi kejadian kecelakaan laut terburuk dalam sejarah.
2. Halifax Explosion
Jumlah korban : 1.950 org
Ledakan
Halifax terjadi pada hari Kamis, 6 Desember 1917 saat kota Halifax,
Nova Scotia-Kanada hancur lebur akibat ledakan dahsyat dari sebuah
kapal kargo Prancis “Mont-Blanc” yang membawa muatan penuh berisi
mesiu dan bahan peledak untuk militer. Kapal ini tertabrak kapal
Norwegia “The Narrows” di salah satu bagian pelabuhan Halifax.
Ledakan membunuh hampir 2000 org diakibatkan serpihan, api dan runtuhnya bangunan-bangunan di dalam radius 2 km dari lokasi kejadian. Diperkirakan sekitar 9.000 org terluka akibat peristiwa ini. Sampai sekarang ledakan tersebut masih memegang rekor sebagai ledakan konvensional terbesar yg dihasilkan oleh manusia. Saking hebatnya efek ledakan tersebut sampai menimbulkan tsunami yg kemudian menyapu pepohonan, membengkokkan rel kereta api, menghanyutkan rumah, mobil dan membawa serpihan-serpihan Mont-Blanc berkilo-kilometer jauhnya. Gambar diatas adalah situasi setelah terjadinya ledakan.
3. MV Joola
Jumlah korban : 1.863 org
Ledakan membunuh hampir 2000 org diakibatkan serpihan, api dan runtuhnya bangunan-bangunan di dalam radius 2 km dari lokasi kejadian. Diperkirakan sekitar 9.000 org terluka akibat peristiwa ini. Sampai sekarang ledakan tersebut masih memegang rekor sebagai ledakan konvensional terbesar yg dihasilkan oleh manusia. Saking hebatnya efek ledakan tersebut sampai menimbulkan tsunami yg kemudian menyapu pepohonan, membengkokkan rel kereta api, menghanyutkan rumah, mobil dan membawa serpihan-serpihan Mont-Blanc berkilo-kilometer jauhnya. Gambar diatas adalah situasi setelah terjadinya ledakan.
3. MV Joola
Jumlah korban : 1.863 org
MV
Le Joola adalah kapal ferry penumpang milik pemerintah Senegal yg
tenggelam di dekat pantai wilayah Gambia pada tanggal 26 September 2002.
Sebenarnya kapal ini berkapasitas 580 org tapi pada saat itu
diperkirakan hampir 2000 orang yg berada diatas kapal.
Panggilan radio terakhir dari kru kapal pada pukul 10:00 malam mengabarkan bahwa kondisi pelayaran berlangsung dengan baik. Seperti dalam film Titanic, para penumpang sedang asyik berpesta dan berdansa ditengah alunan grup band kapal. Sekitar pukul 11:00 malam kapal mulai memasuki wilayah badai di laut Gambia dan ditengah ombak besar dan angin kencang kapal tenggelam dengan cepat memuntahkan para penumpang dan muatannya ke tengah lautan.
Laporan saksi mata menyebutkan bahwa kejadian ini hanya berlangsung selama 5 menit dan hanya satu sekoci penyelamat yg berhasil diturunkan dengan cuma 25 org penumpang selamat didalamnya.
4. Sultana
Jumlah korban : 1.800 org
Panggilan radio terakhir dari kru kapal pada pukul 10:00 malam mengabarkan bahwa kondisi pelayaran berlangsung dengan baik. Seperti dalam film Titanic, para penumpang sedang asyik berpesta dan berdansa ditengah alunan grup band kapal. Sekitar pukul 11:00 malam kapal mulai memasuki wilayah badai di laut Gambia dan ditengah ombak besar dan angin kencang kapal tenggelam dengan cepat memuntahkan para penumpang dan muatannya ke tengah lautan.
Laporan saksi mata menyebutkan bahwa kejadian ini hanya berlangsung selama 5 menit dan hanya satu sekoci penyelamat yg berhasil diturunkan dengan cuma 25 org penumpang selamat didalamnya.
4. Sultana
Jumlah korban : 1.800 org
Kapal
uap Sultana adalah kapal penumpang yg melayari sungai Mississippi,
hancur dalam sebuah ledakan pada tanggal 27 April 1865. Peristiwa ini
tercatat sebagai tragedi terburuk dalam dunia maritim di Amerika
Serikat. Diperkirakan 1.800 dari 2.400 penumpang kapal terbunuh saat
salah satu dari empat boiler (tungku pemanas) meledak, Sultana
tenggelam tidak jauh dari Memphis – Tennessee. Sebagian besar penumpang
adalah bekas tahanan dari pasukan Konfederasi yang dikirim kembali
ke rumah mereka. Ledakan akibat kebocoran dan kurangnya perawatan
dari tungku pemanas menyebabkan hancurnya separuh badan kapal dan
batu bara panas yg beterbangan membakar habis sisa badan kapal.
5. RMS Titanic
Jumlah korban : 1.517 org
5. RMS Titanic
Jumlah korban : 1.517 org
RMS
Titanic adalah sebuah kapal penumpang kelas berat yg dimiliki
perusahaan pelayaran White Star Line. Pada tanggal 14 April 1912 dalam
pelayaran perdananya , Titanic menabrak sebuah iceberg (gunung es) dan
tenggelam 2 jam 40 menit kemudian. Pada saat pertama kali
diluncurkan Titanic menjadi kapal uap penumpang terbesar di dunia.
Titanic dibangun dengan teknologi paling baru pada masa itu dan
diiklankan sebagai kapal yg “tidak akan bisa tenggelam” dalam
brosur-brosur promosinya. Tragedi Titanic sangat mengguncang dunia
karena disamping kapal yg “canggih” kru kapal jg terdiri dari
orang-orang yg sangat berpengalaman, namun korban yg tewas masih
sangat besar. Tragedi ini kemudian merubah hukum-hukum maritim di
dunia dan penemuan bangkai kapal pada tahun 1985 semakin membuat
musibah Titanic menjadi legenda sampai saat ini.
6. RMS Empress of Ireland
Jumlah korban : 1.012 org
6. RMS Empress of Ireland
Jumlah korban : 1.012 org
RMS
Empress of Ireland adalah kapal penumpang lintas samudra yg dibuat
pada tahun 1905-1906. Pada tanggal 28 Mei 1914 kapal ini berangkat dari
Quebec-Kanada menuju Liverpool-Inggris mengangkut 1.477 penumpang
dan awak kapal. Henry George Kendall adalah kapten kapal yg baru
dipromosikan pada awal bulan dan saat itu pertama kali dia memimpin
kapal melalui terusan dekat Pointe-au-Père - Quebec ditengah hadangan
kabut tebal. Pada pukul 02:00 sebuah kapal Norwegia “Storstad” menabrak
samping kapal. Storstad sendiri tidak tenggelam namun Empress of
Ireland dengan kerusakan sangat parah pada bagian kanan lambung
langsung dipenuhi air, terbalik dan tenggelam hanya dalam waktu 14
menit beserta 1.012 penumpang dan awaknya.
7. MS Estonia
Jumlah korban : 852 org
7. MS Estonia
Jumlah korban : 852 org
MS
Estonia sebelumnya bernama MS Viking Sally (–1990), MS Silja Star
(–1991), dan MS Wasa King (–1993) adalah kapal ferry buatan Jerman tahun
1979. Musibah MS Estonia terjadi pada tanggal 28 September 1994 saat
berlayar menyeberangi Laut Baltik dalam perjalanannya dari
Tallinn-Estonia menuju Stockholm-Swedia. Saat itu kapal membawa 989
penumpang dan awak kapal.
Pada pukul 01:00 tanda-tanda akan terjadinya musibah berawal dari bunyi-bunyi aneh akibat benturan logam dengan logam namun dari pemeriksaan pada “bow visor” (bagian ujung kapal yg bisa dibuka-tutup untuk masuknya barang atau kendaran ke dalam kapal) tidak terlihat adanya kerusakan. Pada pukul 01:15 bow visor diketahui terlepas dari ujung kapal sehingga membuat badan MS Estonia miring ke kanan. Pukul 01:20 terdengar sebuah suara lemah dari seorang wanita “Häire, häire, laeval on häire” bahasa Estonia dari “Alarm, alarm, alarm berbunyi di dalam kapal” melalui saluran pengeras suara. Beberapa saat kemudian baru terdengar tanda bahaya berbunyi dan prosedur menurunkan sekoci penyelamat mulai dilakukan. Sayangnya saat itu kapal sudah miring sekitar 30° - 40° ke kanan mengakibatkan hampir tidak mungkin bisa berjalan dengan aman di dalam tubuh kapal.
Pintu dan aula berubah menjadi jebakan maut. Mereka yg berhasil selamat adalah orang-orang yg saat itu sudah berada diatas geladak kapal. Pesan “Mayday” dikirimkan awak kapal pada pukul 01:22, tapi pesan tersebut ternyata tidak sesuai dengan standard internasional. Karena kehabisan tenaga posisi kapal menjadi sulit diketahui dan memperlambat upaya penyelamatan. Dari total 989 penumpang dan awak kapal hanya 137 org yg bisa diselamatkan
8. SS Eastland
Jumlah korban : 845 org
Pada pukul 01:00 tanda-tanda akan terjadinya musibah berawal dari bunyi-bunyi aneh akibat benturan logam dengan logam namun dari pemeriksaan pada “bow visor” (bagian ujung kapal yg bisa dibuka-tutup untuk masuknya barang atau kendaran ke dalam kapal) tidak terlihat adanya kerusakan. Pada pukul 01:15 bow visor diketahui terlepas dari ujung kapal sehingga membuat badan MS Estonia miring ke kanan. Pukul 01:20 terdengar sebuah suara lemah dari seorang wanita “Häire, häire, laeval on häire” bahasa Estonia dari “Alarm, alarm, alarm berbunyi di dalam kapal” melalui saluran pengeras suara. Beberapa saat kemudian baru terdengar tanda bahaya berbunyi dan prosedur menurunkan sekoci penyelamat mulai dilakukan. Sayangnya saat itu kapal sudah miring sekitar 30° - 40° ke kanan mengakibatkan hampir tidak mungkin bisa berjalan dengan aman di dalam tubuh kapal.
Pintu dan aula berubah menjadi jebakan maut. Mereka yg berhasil selamat adalah orang-orang yg saat itu sudah berada diatas geladak kapal. Pesan “Mayday” dikirimkan awak kapal pada pukul 01:22, tapi pesan tersebut ternyata tidak sesuai dengan standard internasional. Karena kehabisan tenaga posisi kapal menjadi sulit diketahui dan memperlambat upaya penyelamatan. Dari total 989 penumpang dan awak kapal hanya 137 org yg bisa diselamatkan
8. SS Eastland
Jumlah korban : 845 org
S.S.
Eastland adalah kapal penumpang dari Chicago yg digunakan untuk tur
wisata. Pada tanggal 24 Juli 1915 kapal ini bersama dengan dua kapal
uap lainnya “The Theodore Roosevelt” dan “The Petoskey”, disewa untuk
mengangkut para pegawai Chicago’s Western Electric Company berlibur
ke Michigan City – Indiana. Bagi para pegawai ini adalah momen yg
sangat mereka nantikan karena kebanyakan dari para pekerja ini tidak
akan mampu untuk berlibur dengan biaya sendiri (pd masa itu Amerika
sedang dilanda resesi ekonomi). S.S. Eastland rupaya mengangkut
terlalu banyak sekoci penyelamat di bagian atas kapal yg membuat kapal
ini menjadi tidak stabil.
Pagi itu pukul 6:30 para penumpang mulai menaiki kapal dan pada pukul 7:10 kapal sudah terisi dengan 2752 penumpang (kapasitas maksimumnya). Saat para karyawan itu mulai turun ke bawah geladak pada pukul 7:28 kapal tiba-tiba miring ke kiri lalu terguling pada sisinya dan tenggelam sedalam 20 kaki dibawah permukaan air. Meskipun tidak terlalu dalam dan segera dilakukan operasi penyelamatan oleh kapal “Kenosha” yg bergegas merapat di lambung S.S. Eastland namun kejadian yg tiba-tiba dan banyak orang yg tertimpa furniture berat seperti piano, rak buku dan meja membuat ratusan orang terperangkap dibawah air. 841 penumpang dan 4 orang kru kapal tewas dalam musibah ini. Sebagian besar korban adalah wanita dan anak-anak.
9. HMS Birkenhead
Jumlah korban : 460 org
Pagi itu pukul 6:30 para penumpang mulai menaiki kapal dan pada pukul 7:10 kapal sudah terisi dengan 2752 penumpang (kapasitas maksimumnya). Saat para karyawan itu mulai turun ke bawah geladak pada pukul 7:28 kapal tiba-tiba miring ke kiri lalu terguling pada sisinya dan tenggelam sedalam 20 kaki dibawah permukaan air. Meskipun tidak terlalu dalam dan segera dilakukan operasi penyelamatan oleh kapal “Kenosha” yg bergegas merapat di lambung S.S. Eastland namun kejadian yg tiba-tiba dan banyak orang yg tertimpa furniture berat seperti piano, rak buku dan meja membuat ratusan orang terperangkap dibawah air. 841 penumpang dan 4 orang kru kapal tewas dalam musibah ini. Sebagian besar korban adalah wanita dan anak-anak.
9. HMS Birkenhead
Jumlah korban : 460 org
HMS
Birkenhead adalah salah satu kapal dengan lambung besi pertama yg
dibuat untuk angkatan laut kerajaan Ingris (Royal Navy). Pertama kali
dirancang sebagai kapal frigate tetapi sebelum diresmikan diubah
menjadi kapal pengangkut pasukan.
Pada tgl 26 Februari 1852 ketika mengangkut pasukan ke Afrika kapal ini karam di Gansbaai dekat Cape Town, South Africa. Tidak tersedia sekoci penyelamat yg cukup untuk seluruh penumpang namun demikian para prajurit ini dengan gagah berani tetap mempersilahkan penumpang wanita dan anak-anak untuk naik ke sekoci yg ada. Akhirnya cuma ada 193 org dari 643 org yg selamat dari musibah ini. Kisah heroik para prajurit ini menjadi dasar protokol “women and children first” saat prosedur penyelamatan musibah laut.
10. KMP Tampomas II
Jumlah korban : 431 org
Pada tgl 26 Februari 1852 ketika mengangkut pasukan ke Afrika kapal ini karam di Gansbaai dekat Cape Town, South Africa. Tidak tersedia sekoci penyelamat yg cukup untuk seluruh penumpang namun demikian para prajurit ini dengan gagah berani tetap mempersilahkan penumpang wanita dan anak-anak untuk naik ke sekoci yg ada. Akhirnya cuma ada 193 org dari 643 org yg selamat dari musibah ini. Kisah heroik para prajurit ini menjadi dasar protokol “women and children first” saat prosedur penyelamatan musibah laut.
10. KMP Tampomas II
Jumlah korban : 431 org
Tampomas II berlayar dari Jakarta menuju Sulawesi dengan membawa puluhan kendaraan roda empat, sepeda motor dan 1054 penumpang terdaftar serta 82 kru kapal. Perkiraan mengatakan total penumpang di kapal tersebut adalah 1442 orang (perkiraan tambahan penumpang gelap). Dalam kondisi badai laut di malam hari tanggal 25 Januari beberapa bagian mesin mengalami kebocoran bahan bakar, diduga percikan api timbul dari puntung rokok yang melalui kipas ventilasi yang menjadi penyebab kebakaran.
Para kru melihat dan gagal memadamkannya dengan tabung pemadam kebakaran portable. Api menjalar ke dek lain yang berisi muatan yang mudah terbakar, asap menjalar melalui jalur ventilasi dan tidak berhasil ditutup. Api semakin menjalar ke kompartemen mesin karena pintu dek terbuka. Selama dua jam tenaga utama mati, generator darurat pun gagal dan usaha memadamkan api seterusnya sudah tidak mungkin.
Di tanggal 26 Januari Laut Jawa mengalami hujan deras, api menjalar ke ruang mesin di mana terdapat ruang bahan bakar yang tidak terisolasi. Pagi hari 27 Januari terjadi ledakan dan membuat air laut masuk ke ruang mesin (ruang propeler dan ruang generator terisi air laut), yang membuat kapal menjadi miring 45° dan tenggelam 30 jam sejak percikan api pertama menjalar.
Sampai tanggal 29 Januari tim SAR gagal melakukan pencarian karena besarnya badai laut, dan 5 hari kemudian 80 orang yang selamat dalam sekoci ditemukan 150Km dari lokasi kejadian karamnya Tampomas. Estimasi tim menyebutkan 431 tewas (143 ditemukan mayatnya dan 288 hilang/karam bersama kapal) dan 753 berhasil diselamatkan.
Tampomas II merupakan kapal pembelian dari Jepang. Isu yang beredar adalah kapal motor yang sudah berumur lebih dari 25 tahun yang dibeli dari Jepang yang dimodifikasi tahun 1971. Hasil investigasi kapal tersebut adalah kapal bekas yang dipoles dan dijual dengan harga dua kali lipatnya.
No comments:
Post a Comment