5 Gedung Pencakar Langit Terkeren di Dunia


Belakangan ini banyak sekali pembangunan besar-besaran gedung-geung yang menjulang tinggi yang menghiasi kota-kota besar yang ada diseluruh dunia.
Gedung pencakar langit terkeren didunia ini memang lain dari yang lain, selain warnanya yang menarik ada berbagai macam bentuk yang ditampilkan dari gedung-gedung tersebut. Namun itu semua dibangun tidak semata-mata asal-asalan terbukti dari segi arsitektur bangunan terlihat rapi dan indah dipandang.

Alhasil, gedung pencakar langit terkeren didunia belakangan ini menjadi salah satu perhatian turis saat datang ke suatu kota. Bahkan seiring terkenalnya gedung itupun menjadi Icon di wilayahnya tersebut. Dibawah ini adalah artikel mengenai 5 gedung pencakar langit terkeren yang dikutip dari didunia.net.

1. Elephant Tower, Bangkok, Thailand

Tak hanya wisata kuliner atau kuil saja, Bangkok di Thailand rupanya juga punya gedung pencakar langit yang keren. Inilah Elephant Tower alias gedung berbentuk gajah.
Gajah merupakan hewan yang dihormati di Thailand. Elephant Tower pun jadi kebanggaan masyarakat Bangkok. Gedung pencakar langit terkeren didunia ini dibangun tahun 1997 dan punya ketinggian 102 meter.
Di Elephant Tower terdapat kawasan perkantoran, pusat perbelanjaan, dan perumahan mewah. Kalau dilihat dari dekat, bentuknya memang menyerupai gajah lho!.

2. Commerzbank, Frankfurt, Jerman

Commerzbank di Kota Frankfurt, Jerman punya daya tarik tersendiri. Gedung pencakar langit setinggi 300 meter ini selesai dibangun tahun 1997 dengan menghabiskan biaya USD 414 atau sekitar Rp 5 triliun.
Daya tarik Commerzbank adalah sebagai gedung pencakar langit terkeren didunia ini ramah lingkungan pertama di dunia atau disebut gedung ekologi. Sebabnya, gedung ini memanfaatkan sistem pencahayaan alam dan ventilasi yang membuatnya mengurangi pemakian energi sejak tahun 1997. Keren!
Commerzbank sempat menjadi gedung pencakar langit di dunia yang tertinggi di Eropa, sebelum dipatahkan oleh London The Shard tahun 2012.

3. Torre Agbar, Barcelona, Spanyol

Tak hanya punya klub sepakbola tersohor, Kota Barcelona juga punya gedung pencakar langit yang keren. Gedung itu bernama Torre Agbar dengan ketinggian 142 meter.
Berada di pusat kota, gedung ini beda dengan yang lainnya. Bentuknya lonjong ke atas dan bentuknya mirip silinder. Memang, Torre Agbar memiliki dua lapisan silinder yaitu lapisan aluminium dan kaca tembus pandang dengan 40 warna yang berbeda.
Saat malam, gedung pencakar langit ini terlihat sangat cantik. Dengan totoal 4.500 warna kuning, biru, dan pink dari cahaya lampunya, Torre Agbar mampu membuat turis jatuh cinta saat melihatnya.

4. Kingdom Centre, Riyadh, Arab Saudi

Kingdom Centre di Riyadh adalah gedung pencakar langit yang tersohor di Arab Saudi. Dibangun tahun 2002, Kingdom Riyadh Centre memiliki tinggi 302 meter dan biaya pembuatannya mencapai USD 1 miliar atau sekitar Rp 12 triliun!
Pembangunan Kingdom Centre tampaknya dikhususkan untuk wanita. Di sinilah terdapat pusat perbelanjaan, bank, dan masjid yang hanya boleh didatangi oleh para wanita.
Masjid di dalamnya berada di lantai 77 dan menjadi ‘masjid tertinggi di dunia. Tak hanya itu, turis juga bisa melihat dengan jelas Kota riyadh dari ketingian di dek onbervasi di bagian puncaknya.

5. China Central Television, Beijing, China

Beijing punya gedung pencakar langit keren bernama China Central Television Headquarters. Bahkan, gedung ini pernah menyabet gelar pada ‘Cityscape World Architecture Congress’ di Dubai.
Tinggi gedung ini adalah 234 meter dan bentuk bangunannya sangat unik seperti huruf L. Kalau diperhatikan, bentuknya mirip segitiga tak sempurna. China Central Television Headquarters punya enam bagian horizontal dan vertikal. Biaya pembangunannya menghabiskan USD 600 juta atau sekitar Rp 7,2 triliun!
Lucunya, beberapa supir taxi di Beijing menilai gedung pencakar langit ini seperti celana boxer raksasa. Apapun itu, China Central Television Headquarters yang selsesai dibangun tahun 2012 ini memang mencuri perhatian turis.