Google bantu Ukm lokal nyatanya ?

  google bantu UKM Indonesia
Google Southeast Asia pada 11 Januari 2012 telah resmi meluncurkan program Bisnis Lokal Go Online sebagai wadah bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk menggunakan media online sebagai bagian dari bisnis mereka.
Dalam program ini, Google bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kamar Dagang dan Industri (Kadin), dan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) serta Bakrie Connectivity, Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (APTIKOM), Melsa dan Multiply.com sebagai mitra program.
Program yang diberi nama Bisnis Lokal Go Online dijalankan sebagai respon terhadap fakta bahwa masih belum banyak pengusaha Indonesia yang memanfaatkan kelebihan media online. Lebih dari 40 juta penduduk Indonesia menggunakan internet secara rutin dan lebih dari 130 juta menggunakan akses internet melalui perangkat selular untuk mencari toko dan layanan lokal. Mereka menggunakan internet umumnya untuk mencari informasi seputar hiburan, tempat makan, olahraga, berita atau informasi tentang dimana mereka dapat membeli produk elektronik terbaru.
Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Tenaga Kerja, Pendidikan dan Kesahatan James T. Riady dalam sambutan singkatnya mengatakan bahwa di Indonesia terdapat 17 juta UKM, “Tetapi, hanya 75 ribu pengusaha yang telah memanfaatkan internet untuk mengembangkan usahanya. “Hal ini cukup membuat kita sedih karena Indonesia sangat berpotensi untuk mengembangkan usaha-usaha kecil demi mendukung perekonomian bangsa. Padahal Indonesia adalah negara dengan pemerintahan yang paling stabil.”
Julian Persaud, Managing Director Google Southeast Asia, juga menyatakan dukungannya terhadap aksi untuk mendukung para pelaku bisnis UKM. “Website bisnislokalgoonline.co.id sengaja dibuat untuk mempermudah para pelaku UKM untuk mempromosikan usaha bisnisnya,” ungkap Persaud saat didaulat untuk memberikan pidato pertama dalam acara tersebut. “Situs bisnislokalgoonline.co.id adalah situs gratis dan ini adalah platform terbaru khusus untuk memperluas jaringan bisnis yang dibuat oleh Google.”
“Kami melihat ada potensi pertumbuhan yang sangat besar bagi UKM di Indonesia. Program Bisnis Lokal Go Online ini merupakan bentuk komitmen jangka panjang kami kepada Indonesia yang kami harap dapat memberikan manfaat ekonomi nyata bagi seluruh masyarakat Indonesia,” Persaud menjelaskan di dalam rilis pers.
Perwakilan dari Google tersebut juga menegaskan bahwa situs bisnislokalgoonline.co.id adalah situs yang menampung segala jenis usaha. Selain itu, Persaud juga mengatakan bahwa situs tersebut tidak hanya terbatas pada satu daerah saja, tetapi mampu mencakup seluruh Indonesia. “Cuma butuh waktu 15 sampai 30 menit untuk membuat akun di bisnislokalgoonline.com,” jelas Persaud. “Dan situs ini juga menyediakan 100.000 domain beserta hosting gratis selama satu tahun untuk 100.000 pendaftar pertama.

No comments:

Post a Comment