Anda Anemia ? Konsumsi 4 Makanan ini

Terkena anemia? Konsumsi 4 makanan ini
Anemia adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami kekurangan sel darah merah atau hemoglobin dalam darah. Hemoglobin sendiri merupakan protein yang berbasis zat besi yang berfungsi untuk membantu sel-sel darah mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Bila Anda mengalami anemia, darah tidak bisa mengalirkan oksigen ke organ dan jaringan tubuh yang penting. Akibatnya Anda bisa mengalami gejala seperti kelelahan, pusing, sakit kepala, kedinginan, kekurangan energi, rambut rontok, dan masih banyak lagi.


Berikut adalah daftar makanan yang harus dikonsumsi oleh penderita anemia seperti dilansir dari merdeka.com.

Buah bit
Buah bit adalah sumber zat besi dan nutrisi lainnya seperti serat, kalsium, kalium, vitamin, dan belerang. Kekurangan zat besi dapat menjadi penyebab utama Anda terkena anemia. Oleh karena itu konsumsi buah bit agar Anda terhindar dari penyakit ini.

Bayam
Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang kaya akan zat besi. Bersama dengan vitamin B12 dan asam folat di dalamnya, mengonsumsi bayam bisa membantu Anda melawan anemia.

Delima
Makan buah delima juga dianjurkan bagi Anda yang menderita kekurangan zat besi. Buah ini tak hanya mengandung zat besi, namun juga kalsium dan magnesium yang membantu peningkatan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Anggur
Kandungan zat besi serta vitamin C di dalamnya membantu Anda untuk mencegah anemia. Bahkan makan anggur bisa menjadi solusi yang baik untuk mengobati anemia.

Anemia bisa menimbulkan efek yang membahayakan untuk tubuh Anda. Oleh karenanya tambahkan makanan di atas dalam menu sehat harian Anda.