5 Tips Membuat Kopi Yang Enak ( Mantap )


kopi


==Tips dan trik menyeduh kopi dari ane==

#Memilih kopi#
Memilih kopi tu gampang gampang sulit gan, kalo ane lebih suka kopi lokal (yang paling demen kopi dari daerah gunung kelud) yang ditumbuk sendiri sampai halus (bukan diselep). Karena ditumbuk, aroma kopi masih tersimpan bagus di dalamnya.


perkebunan kopi di Kediri


#Menyeduh kopi#
Pertama kali yang harus dilkukan adalah "masak aer". Hal ini sering menjadi kesalahan para ibu2 dalam menyiapkan kopi untuk suaminya, dengan memasak aer lebih dulu akan menghemat waktu ente.
Sembari memasak aer, siapkan kopi. Standarnya takaran kopi adalah 3:1, 3 sendok gula dan 1 sendok kopi. Tapi kalo ane lebih suka kopi pahit, jadi takarannya 1:1.
Setelah aer mendidih (harus benar-benar mendidih) tuangkan aer ke tempat kopi ente, usahakan saat menuang aer sampe muncul busa. Karena dengan begitu bisa memunculkan aroma sejati kopi.


#Mengaduk#
Quote:Cara mengaduk pun juga berpengaruh pada rasa kopi gan. Cara mengaduk kopi yang baik tu mengaduk dengan membentuk huruf M atau W, sambil sesekali aer di sendok diangkat dan dijatuhkan lagi. Dengan begitu rasa kopi akan semakin kuat.



#Cangkir dan sendok#
Quote:Memilih tempat menyeduh kopi juga penting. Tempat paling bagus yaitu yang berbahan keramik atau tembikar, karena dapat menyimpan aroma kopi dan panas kopi lebih baik daripada tempat berbahan lain.
Untuk sendok gunakan at least yang berbahan stainless steel.
Jangan sekali2 gunakan tempat maupun sendok berbahan plastik, karena selain mempengaruhi rasa kopi, juga dapat membahayakan kesehatan ente.


cangkir tembikar


#Saat tepat minum kopi#
Quote:Saat yang tepat minum kopi berbeda2 bagi setiap orang. Kalo ane lebih suka (dan merekomendasikan) pada saat pagi hari sebelum beraktifitas dan saat sore hari menjelang maghrib. Pada pagi hari jika diawali minum kopi akan menambah stamina ente gan, ane jamin 100%. Kalo pada yang sore hari, rasa kopi akan lebih terasa, karena rasa kopi akan berpadu dengan aroma udara di sore hari, wuihh nikmat tu gan.


minum kopi


#Suasana hati#
Quote:Jangan salah gan, suasana hati juga berpengaruh pada rasa kopi ente gan, setiap kegiatan diatas harus ente lakuin dengan suasana hati yang sedang senang, tenang, dan tanpa ada masalah, wuih pasti tambah enak dah tu kopi.

#Unik#
Quote:Kalo yang ini sesekali ane lakuin.
Coba ente buat kopi di malam hari, dengan stepnya sama kayak diatas. Lalu tuh kopi ente taruh diatas genteng (kalo gentengnya tinggi, yang penting taruh aja di luar rumah gan). Dan pada saat paginya ente ambil dan ente minum, wuih seger banget dah jadinya tu kopi.


#Penikmat rokok#
Quote:Bagi para "ahli hisap", kopi akan menjadi teman setia ente. Kalo ane sering buat cete. Cete adalah melumuri rokok dengan ampas kopi, hal tersebut akan menambah rokok ente lebih nikmat, dan ngopi pun akan lebih terasa nikmatnya.


cete


==Saran dari ane==
Bagi ibu2 yang anaknya masih balita, coba dikasih kopi, jangan banyak2 cukup satu gelas kecil per 1 minggunya. Karena kopi juga sangat baik bagi bayi.


No comments:

Post a Comment