10 Gambar Ini Menjelaskan Bagaimana Mesin Bekerja


Gambar gambar unik dan menarik berupa Animasi Gif yang akan menjelaskan bagaimana suatu benda bekerja, dikutip dari cpartikel.com

1. Cara Geneva Drive Bekerja


Geneva Drive atau Maltese Cross adalah mekanisme gigi yang menerjemahkan rotasi terus menerus menjadi gerakan berputar. Nama ini berasal dari aplikasi perangkat awal jam tangan mekanik yang berkembang di Swiss dan Jenewa. Oleh karenanya Swiss dan Jenewa kemudian menjadi pusat pembuatan jam. Karena digunakan pada jam tangan, Geneva Drive dibuat dengan ukuran yang sangat kecil.

2. Cara Motor Elektrik Bekerja

Motor elektrik adalah mesin listrik yang mampu mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Pada penggunaan otomotif, motor listrik bekerja melalui interaksi antara medan magnet dan kumparan arus listrik untuk menghasilkan kekuatan dalam motor. Pada aplikasi tertentu, seperti industri otomotif, motor elektrik dapat bekerja pada dua fungsi, yaitu fungsi motorik dan pengereman.

3. Cara Resleting Bekerja


4. Bagaimana Tablet Press Bekerja

Tablet press adalah perangkat mekanis yang mampu mengubah bubuk menjadi tablet dengan ukuran dan berat yang seragam. Alat ini digunakan untuk memproduksi tablet dari berbagai bahan, termasuk obat-obatan, produk pembersih dan kosmetik.

5. Ilustrasi Urut-Urutan Fibonacci

Angka fibonacci adalah urutan angka (deret angka) yang disusun oleh Leonardo Fibonacci pada tahun 1175 – 1245 M. Bilangan fibonacci dikenal juga dengan sebutan the golden number of human life. Bilangan Fibonacci adalah urutan angka yang diperoleh dari penjumlahan dua angka didepannya, misalnya: 0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, dst

6. Cara Mesin Mobil 4 Silinder Bekerja

Mesin 4 silinder segaris adalah mesin pembakaran dalam dengan keempat silindernya terpasang mendatar satu arah di dalam bak mesin. Silindernya bisa diletakkan mendatar atau miring terhadap poros mesin. Mesin ini sangat umum dipakai pada mobil dengan kapasitas mesin kecil karena konstruksinya mudah.
Meskipun demikian, tipe mesin seperti ini juga menimbulkan getaran, dan getarannya semakin parah ketika kapasitas dan kekuatan mesinnya bertambah.Oleh karena itu, mobil bertenaga tinggi menggunakan mesin yang lebih kompleks dan menggunakan lebih dari 4 silinder.

7. Cara Sebuah Vernier Caliper (Jangka Sorong) Bekerja

Vernier caliper sering juga disebut sigmat atau jangka sorong adalah sebuah alat ukur yang dapat dipakai untuk mengukur diameter luar, diameter dalam, ketebalan dan kedalaman celah. Vernier caliper ini dapat mengukur dengantingkat akurasi sampai dengan 0,05 mm.

8. Cara Jantung Bekerja

Pada saat berdenyut setiap ruang jantung mengendur dan terisi darah (disebut diastol). Selanjutnya jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang jantung (disebut sistol). Kedua serambi mengendur dan berkontraksi secara bersamaan, dan kedua bilik juga mengendur dan berkontraksi secara bersamaan.

9. Cara Meletakkan Kabel Bawah Laut


10. Cara Mesin Boxer Bekerja

Mesin flat (juga dikenal dengan mesin boxer) adalah sebuah konfigurasi mesin pembakaran dalam yang pistonnya bergerak secara horizontal. Crankshaftnya ada satu dan silindernya diletakkan di sisi kiri dan kanan, membentuk sudut 180 derajat. Konsep mesin ini sendiri ditemukan oleh ahli teknik Jerman Karl Benz tahun 1896, 8 tahun setelah ia menemukan mobil pertamanya yang sukses