3 Tips Menghadapi Persaingan Bisnis



Cikidotcom – Pada tahun 2013 ini, perkembangan bisnis diperkirakan akan mengalami peningkatan yang begitu pesat terutama di negara Indonesia. Hal ini terlihat dari banyak-nya golongan masyarakat yang dahulu kala lebih memilih karir untuk menunjang kehidupannya, sekarang ini semakin tumbuh jiwa enterpreneur dan mulai memilih untuk merintis sebuah usaha.

Melihat peluang yang besar untuk memulai sebuah usaha didasarkan pada potensi pasar dan konsumen indonesia yang sangat luas. Walaupun usaha yang akan mereka mulai menjanjikan keuntungan yang besar, namun beragam resiko kegagalan dapat menghantuinya, dikarenakan persaingan yang semakin ketat.

Untuk itu, saya akan memberikan beberapa tips guna mengatasi persaingan bisnis yang akan anda lakukan:



  • Ciptakan ide-ide segar dalam berbisnis
    Janganlah memulai bisnis dengan memilih bisnis yang seragam, karena tingkat persaingannya akan semakin besar. Untuk itu ciptakanlah ide-ide segar untuk bisnis anda, sehingga anda akan menghasilkan strategi bisnis yang berbeda dari yang lainnya, maka bisnis anda akan sangat berpeluang besar untuk bertahan dalam jangka waktu yang lama.
  • Mengikuti perkembangan teknologi
    Jika dahulu memperluas jaringan pasar dengan menggunakan sistim Offline (dari satu tempat ke tempat lain), mulailah dari sekarang menggunakan teknologi internet untuk memperluas jaringan. Disamping menghemat waktu, anda juga dapat mengenalkan barang atau jasa yang ditawarkan, keberbagai wilayah di indonesia maupun mancanegara.
  • Memilih SDM yang mendukung bisnis anda
    Pemilihan SDM yang sesuai dengan tipe bisnis anda, hal tersebut merupakan faktor yang sangat penting dalam perkembangan bisnis kedepannya. Jika anda salah memilih SDM untuk bisnis anda, maka dapat dipastikan bisnis anda tidak akan berjalan sesuai dengan rencana awal. Untuk itu pemilihan SDM yang handal, yang mampu menjalankan bisnis sesuai dengan kemampuannya, sangat sekali diharapkan.


Tips-tips diatas merupakan faktor yang sangat penting guna mengatasi tingkat persaingan bisnis di masyarakat. Jangan-lah ragu dan takut untuk memulai sebuah bisnis, pelajarilah semuanya maka anda akan membuka pintu keberhasilan.

No comments:

Post a Comment