5 Cara Mengetahui Senjata Asli / Palsu

Spoilerfor senjata api:
.
Sebelumnya kita berkenalan dulu dengan senjata api asli, ciri-cirinya:
 1. Pistol asli terbuat dari besi solid dan ujung laras yang memiliki ukuran tipikal. Ukuran yang biasa dipakai dinyatakan dengan istilah kaliber. Ukuran tipikal yang dipakai oleh TNI adalah 9mm (kaliber 0.35 inch). Sedangkan aifsoftgan terbuat dari plastik / bukan logam. Cara ini yang paling mudah untuk membedakan mana senjata asli maupun mainan..walaupun sekarang sudah ada airsoftgan yang sangat mirip sekali dengan senjata asli..
asli

Spoilerfor pistol asli:

Mainan
Spoilerfor pistol mainan:

Spoilerfor pistol mainan:

Spoilerfor pistol mainan:


2. Kedua, yang perlu diperhatikan adalah ujung laras memiliki ukuran diameter sesuai kalibernya dan tidak memiliki lapisan barrell lagi di dalamnya.
Spoilerfor pistol asli vs mainan:

Gambar diatas, yang kiri merupakan pistol asli, yang kanan mainan
Jika ditodongkan tepat di depan kepala, akan terlihat jelas perbedaan barrel-nya. Airsoft pada umumnya memiliki barrel kuningan atau silver mengkilat, dengan diameter yang relatif lebih kecil dan terdiri dari dua bagian, inner barrel dan outter barrel serta warna diujung pistol (walaupun ga semua seh). Sedangkan senjata api hanya terdiri dari 1 bagian barrel (klo gak salah sih) dan biasanya barrel senjata api berwarna kusam. Kaliber Pistol asli sesuai dengan ukuran pelurunya, jadi gak perlu barel yang lebih kecil lagi.
Asli
Spoilerfor pistol asli:

Spoilerfor pistol asli:

Spoilerfor pistol asli:

Spoilerfor pistol asli:

Spoilerfor pistol asli:


Mainan
Spoilerfor pistol mainan:

Spoilerfor pistol mainan:

Spoilerfor pistol mainan:

Spoilerfor pistol mainan:


3.Airsoft biasanya bentuknya mulus,terawat, mengkilat dan rapi karena airsoft mengutamakan penampilan ketimbang fungsinya (biarpun tidak bisa mengeluarkan BB, paling tidak tampilan sangar buat sesi foto-foto komunitas airsoft),namun senjata api biasanya tidak terawat penampilannya, baret-baret kasar, warna pudar dan mungkin sedikit berkarat karena senjata api mengutamakan fungsinya bukan penampilannya (biar jelek yang penting besa nge-DORR).
Spoilerfor pistol asli:

Spoilerfor pistol asli:

Spoilerfor pistol asli:



4. Jika sempat, perhatikan bagian bawah magazine (tempat peluru) yang terpasang, jika bagian magazine terdapat lubang, berarti itu airsoft, karena bagian berlubang itu berfungsi untuk mengisi GREEN GAS. Sedangkan jika bagian bawah magazine mulus tanpa lubang, kemungkinan besar itu senjata api sungguhan (Namun cara ini tidak terlalu efektif karena ada beberapa tipe airsoft yang memiliki Mag Extender yang menutupi lubang pengisian gas)

Asli
Spoilerfor pistol asli:

Mainan
Spoilerfor pistol mainan:



5. Jika penodong sempat menembakkan senjata api ke udara, ada perbedaan suara yang jauh antara airsoft dan senjata api, meskipun slide sama-sama menimbulkan hentakan namun suara berbeda jauh. Jika ditembakkan, senjata api mengeluarkan suara menggelegar seperti petir menyambar dan mengeluarkan asap. Sedangkan airsoft jika dioperasikan, suaranya jauh lebih ramah di telinga dan tidak mengeluarkan asap (kecuali jika mag green gas bocor akan tampak seperti asap).
Spoilerfor pistol:

Spoilerfor pistol:


TIPS MENGHADAPI PENODONGAN

  Penodongan dengan senjata api akan membuat ente panik, namun dengan mengingat tips ini dan sedikit antusiasme terhadap dunia senjata api, maka ente bisa terhindar dari penodongan bahkan berbalik melawan si penodong. Kunci pertama adalah: JANGAN PANIK.
Setelah berhasil menguasai panik, tetaplah berpikir jernih dan langsung melihat ke arah senjata yang ditodongkan ke arah kita. Biasanya penodong menggunakan pistol dan jarang menggunakan senapan laras panjang seperti misalnya M4 Carbine atau AK-47
Pertama perhatikan bahan senjata tersebut, Jika terbuat dari plastik ,bisa dipastikan itu hanya senjata mainan,Lalu perhatikan ujung laras (barrel) senjata api. Senjata api betulan memiliki ujung laras yang benar-benar “bolong” dan tidak ada barrel mengkilap di dalam barrel.
Airsoft gun juga memiliki pintu keluar selongsong yang palsu, dan tidak benar-benar bisa terbuka seperti layaknya senjata betulan.
Airsoftgun memiliki tulisan-tulisan di kiri-kanan bodynya. Jika sempat melihat tulisan “Made In Taiwan” atau “Made In China”, bisa dipastikan itu adalah airsoftgun.


Nah, selanjutnya jika sudah yakin apakah itu senjata api betulan atau airsoft, saatnya bertindak. Jika agan ragu-ragu atau yakin ternyata senjata betulan atau rakitan yah..apa boleh buat, silakan menyerah saja daripada nyawa melayang atau gak lari secepat kilat kalo bisa, kecuali jika ente memiliki kecepatan dan ilmu bela diri yang joss. Namun jika ternyata yang ente hadapi adalah penodong ber-airsoft gun, maka silakan bertindak.

Jika ente ingin melawan, ane yakinkan ente paling parah hanya akan bengkak merah kecil jika terkena peluru airsoft gun. Jadi ya lawan saja..apalagi jika penodongnya cuma 1 orang.

Ane sarankan untuk menyumbat ujung barrel airsoftgun dengan tangan ente sehingga barrel menjadi kedap udara. Dengan demikian, jika peluru ditembakkan, maka tidak akan terasa sakit..hanya akan terdengar bunyi “bleb..” (note: tidak berlaku untuk airsoft gun jenis gas gun)

Selanjutnya jika ente cukup bernyali, silakan sebisa mungkin hajar penodong tersebut smpai babak belur, sebelum ia membahayakan korban lain.

Demikian tips dari ane,semoga bermanfaat ya gan

No comments:

Post a Comment