5 Racikan Nasi TerEnak Di Indonesia

1. Nasi Megono
Nasi campur ini berasal dari daerah Pekalongan, Jawa Tengah. Nasi putih hangat ditemani oleh sebuah lauk wajib yaitu cacahan nangka muda yang dicampur dengan parutan kelapa. Selain itu, nasi ini biasanya disajikan bersama tempe mendoan, telur, ikan kering, atau hidangan kuah seperti garang asem.





 2. Nasi Jamblang

Kata Jamblang sendiri berasal dari nama daerah di kota Cirebon, Jawa Barat tempat asal pedagang nasi campur ini. Ciri khas dari nasi jamblang adalah bungkusan nasi yang terbuat dari daun jati dan berbagai lauk mulai dari tempe, pepes, semur, daging , perkedel, sampai sayur disajikan dengan cara prasmanan.


 

 3. Nasi Jaja
Nasi campur khas madura ini mempunyai cita rasa gurih dan pedas. Nasi campur ini mempunyai beberapa lauk yang sudah menjadi ciri khas seperti serundeng, tauge, mendol (perkedel tempel), dendeng, dan sambal terasi

 

 4. Nasi Liwet
Nasi manis gurih ini adalah hidangan khas dari Solo, Jawa Tengah. Nasi gurih yang terbuat dari campuran santan, daun salam, serai, dan garam disandingkan dengan lauk pauk opor ayam suwir, sambal goreng labu siam, telur rebus bumbu pindang dan areh.

 
  

5. Nasi Ulam
Nasi yang berasal dari Betawi ini ada yang berupa nasi putih tetapi ada juga yang berupa nasi putih yang diaduk dengan serundeng dan kacang tanah yang dihaluskan. Biasanya disantap dengan lauk seperti dendeng, telur dadar, perkedel,semur tahu dan kentang, atau tahu goreng. Dilengkapi kerupuk, daun kemangi, sambal, saus kacang, keripik atau serundeng.

No comments:

Post a Comment