Tugas-tugas yang begitu banyak dan akhirnya menumpuk, ditambah lagi
godaan untuk meng-update media sosial, sering kali membuat yang harusnya
tuntas jadi terbengkalai. Padahal, kalau dimaksimalkan waktunya,
beberapa tugas yang diberikan atasan bisa selesai tepat waktu. Ada yang
salah? Bisa jadi ada pengaturan waktu dan manajemen pekerjaan yang
terlewatkan.
Grace Marshall, ahli dunia kerja dan produktivitas, melihat bahwa setiap
orang mestinya bisa bekerja lebih efisien. Perkembangan teknologi yang
semestinya mendukung pekerjaan, justru menjadi gangguan terbesar. Dia
lalu memberikan beberapa gambaran yang bisa jadi masukan buat perubahan.
Quote:
1. Fokus. Alokasikan waktu sepenuhnya untuk memberi perhatian
lebih pada pekerjaan yang dihadapi. Cobalah lebih fokus dan memberikan
energi pada satu pekerjaan.
Quote:
2. Gangguan adalah musuh terbesar. Banyak hal yang kerap
mengalihkan perhatian. Entah itu chatting di ponsel, isu terbaru di
situs berita, atau obrolan sesama teman di ruang kerja. Kurangi
distraksi semacam ini, dan sebisa mungkin jangan sampai terpengaruh.
Misalnya dengan mematikan ponsel, social media, atau e-mail yang tak
penting. Konsentrasilah pada yang dihadapi sehingga tidak mudah
terganggu.
3. Multitasking itu hanya mitos. Jika ada yang bilang setiap
orang mestinya bisa mengerjakan banyak hal dalam satu waktu, anggapan
ini hanya mitos. Faktanya seseorang akan bisa fokus dan maksimal
mengerjakan satu hal secara bergantian. Jadi tidak usah mencoba
memikirkan bisa menuntaskan banyak hal dalam satu waktu.
Quote:
4. Bikin daftar. Saat di kantor, cobalah bikin daftar tugas yang
harus dituntaskan. Baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.
Pembuatan daftar tugas yang harus dikerjakan ini akan membuat semuanya
jadi lebih efisien karena membuat Anda fokus dan siap mental.
Quote:
5. Jangan menunda-nunda. Sering kali karena menganggap ringan
tugas, Anda lantas menunda waktu untuk mengerjakannya. Dua menit lagi,
lima menit lagi, dan seterusnya, sampai akhirnya lupa untuk menuntaskan.
Alhasil, ada banyak waktu yang terbuang percuma. Cobalah lakukan
sekarang, di saat teringat dan sesuai jadwal.
Quote:
6. Buat pengingat daftar di rumah. Jika ada daftar pekerjaan yang
harus tuntas di kantor, kenapa tidak membuat pengingatnya saat Anda
berada di rumah? Namun, hal ini sekadar sebagai pengingat, sekaligus
membuat data tambahannya. Sekiranya dibutuhkan, Anda jadi tidak perlu
susah mencari tahu atau kembali ke kantor.
7. Pintar bikin keputusan. Ada beberapa pekerjaan yang mungkin
datangnya mendadak dan menuntut kecerdasan dalam membuat keputusan.
Dengan bekerja lebih efisien, akan lebih mudah membuat keputusan, bahkan
dalam waktu singkat.
Quote:
8. Gunakan pengingat waktu. Dalam setiap jenis pekerjaan atau
tugas, cobalah membuat pengingat waktu, kapan tugas tersebut bisa
dituntaskan. Dengan begini ada konsentrasi yang lebih tercurah, dan Anda
mencoba realistis tanpa menunda-nunda.
Quote:
9. Ruang yang nyaman. Sebagian orang membutuhkan ruang nyaman
untuk mengerjakan tugas yang dipunyai. Jadi, kenapa tidak menciptakannya
sendiri? Buat diri senyaman mungkin sehingga bisa menuntaskannya dengan
segera, dan selesai tepat waktu.
Quote:
10. Uraikan detail. Jika banyaknya pekerjaan membuat Anda stres,
cobalah urai satu per satu. Dengan menjadikannya detail dan tampak
mudah, semua pekerjaan tidak tampak berat dan Anda lebih bersemangat
menuntaskannya.
http://www.kaskus.co.id/thread/520ba61ea2cb17cb5d000009/10-cara-lebih-efisien-saat-bekerja/
No comments:
Post a Comment