Jejaring sosial Facebook
mencapai titik kehilangan penggunanya paling banyak di pasar.
Data independen perusahaan
menunjukkan, kebanyakan pengguna bermigrasi ke jaringan sosial lainnya dan
menemukan teman online yang lebih baru dan segar.
Bulan lalu, jaringan sosial
terbesar di dunia ini telah kehilangan enam juta pengunjungnya di Amerika
Serikat (AS) atau jatuh empat persen. Di Inggris, Facebook kehilangan 1,4 juta
pengguna dan menurun 4,5 persen secara berkelanjutan. Dalam enam bulan
terakhir, Facebook telah kehilangan pengunjung bulanan hampir sembilan juta
akun di AS dan dua juta akun di Inggris.
Hasil analisis SocialBakers
menunjukkan ekspansi pengguna Facebook di AS, Inggris, dan negara-negara besar
Eropa sudah mencapai puncaknya dan sekarang menurun ke titik jenuh. "Ada
faktor kebosanan dan orang ingin mencoba sesuatu yang baru," kata analis
SocialBakers, dilansir dari the Guardian, Selasa (30/4).
Namun, Facebook masih berkembang
pesat di Amerika Selatan. Pengunjung bulanan Brasil naik enam persen pada Maret
2013 menjadi 70 juta pengunjung. Pengguna di India juga meningkat empat persen
menjadi 64 juta pengunjung.
Ponsel mewakili hampir
seperempat dari pendapatan iklan Facebook diakhir 2012. Ini memperluas jaringan
Facebook sehingga bisa diakses total 680 juta pengguna di seluruh dunia per
bulan pada Desember lalu.
Facebook selalu diperingatkan
waspada terhadap persaingan dari jasa yang diciptakan untuk ponsel daripada PC.
Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, mendorong serangkaian inisiatif baru untuk
menarik pengguna Facebook dari pengguna Smartphone. Khususnya Facebook Home,
software yang dapat diunduh untuk ponsel android tertentu. Aplikasi ini bisa
melayani pemilik android untuk menyaksikan berita dan foto-foto terbaru
langsung ke layar pemilik akun.
No comments:
Post a Comment