10 Manfaat Baik Kulit Pisang

10 Manfaat Kulit Pisang yang harus anda Ketahui!. Kandungan kulit pisang. fungsi kulit pisang. pemanfaatan kulit pisang. kegunaan kulit pisang. manfaat makan pisang.
  - Buah yang mudah dicari di pasar tradisional ini memang banyak sekali manfaatnya. siapa sangka, bukan buahnya saja yang beragam manfaatnya, kulit pisang pun banyak sekali manfaatnya. jadi, ketika makan pisang jangan dibuang kulitnya. kulit pisang memiliki sifat seperti antijamur dan antibiotik. kulit pisang banyak mengandung vitamin dan mineral lainnnya.

1. Mengobati Jerawat
Kulit pisang juga bisa dimanfaatkan untuk kondisi kulit lainnya yaitu sebagai obat jerawat. Gosokkan bagian dalam kulit pisang pada jerawat. Setelah penggunaan rutin, jerawat tidak akan lagi terlihat. Untuk mendapatkan hasil terbaik, disarankan mengoleskan kulit pisang pada jerawat di malam hari.

2. Mengobati Kutil
Manfaat lain dari kulit pisang adalah mengobati kutil. Gosok bagian dalam kulit pisang pada kutil setiap malam, efeknya akan terlihat pada hari ke 7-10. Sebagai alternatif, kulit pisang bisa dilekatkan pada kutil selama semalaman. Lihat hasilnya dalam 15 hari.

3. Mempercantik Kulit
Untuk kulit kenyal yang indah, gosokkan bagian dalam kulit pisang pada wajah sebelum tidur. Biarkan semalaman, cuci keesokan harinya dengan air hangat.

4. Meredakan Nyeri
Minyak nabati yang terkandung dalam kulit pisang punya senyawa tertentu yang berkhasiat
sebagai pereda nyeri. Tempelkan kulit pisang yang masih segar dan bersih pada luka bakar atau luka
gores untuk mengurangi rasa nyerinya.

5. Mempercepat Kesembuhan Luka
Luka yang sudah mulai mengering terasa gatal karena tertutup serpihan kulit mati yang mengeras.
Serpihan itu bisa dihilangkan lebih cepat hanya dengan mengoleskan kulit pisang, karena akan
bereaksi dengan enzim yang terkandung didalamnya.

6. Memutihkan Gigi
Beberapa orang mengklaim bahwa menggosokkan bagian dalam kulit pisang pada gigi secara teratur bisa membantu memutihkan gigi. Kulit pisang harus digosok pada gigi dengan gerakan melingkar. Jika kulit pisang digunakan setiap hari, efek pemutihan gigi akan terlihat dalam waktu sekitar dua minggu.

7. Mengatasi Gigitan Nyamuk
Bila terkena gigitan nyamuk, kulit menjadi teriritasi dan gatal. Kulit pisang bisa digunakan untuk mengurangi pembengkakan, gatal, serta iritasi yang disebabkan oleh gigitan nyamauk.

8. Mengkilapkan Aksesoris Perak & Kulit
Kulit pisang ternyata bisa membuat aksesoris yang terbuat dari perak dan kulit kembali mengkilap. Sebelum digunakan, disarankan untuk melakukan pengujian dengan menempelkan sedikit kulit pisang di tempat yang tidak mudah terlihat pada aksesoris tersebut.

9. Pupuk Kompos
Kulit pisang bisa juga digunakan sebagai pupuk kompos untuk tanaman. Kadar kalium dan fosfor yang tinggi pada kulit pisang terbukti sangat membantu saat digunakan sebagai pupuk kompos.

10. Sinar UV
Kulit pisang membantu melindungi mata dari Sinar UV yang berbahaya. pastikan kulit pisang di taruh dibawah sinar matahari sebelum digunakan pada mata anda. hal ini terbukti mengurai resiko katarak.

No comments:

Post a Comment