10 Letak Batu Terunik di Dunia

 batu-terunik-didunia

Banyak sekali bentuk-bentuk batu yang diukir sedemikian rupa hingga memiliki bentuk yang mirip dengan hewan, manusia, dan berbagai benda unik lainnya. Dan batu unik tersebut biasanya diletakan ditempat-tempat yang mencerminkan wilayah tersebut.

Banyak sekali batu yang sering kita temui baik dijalanan maupun di sungai, dan letak batu tersebut mungkin tidak beraturan juga sembarangan, ada yang dipinggir, ditengah dan sebagainya. Beda dengan batu yang satu ini, batu tertunik didunia tersebut letaknya seperti mustahil kalau diletakan oleh tangan manusia, Bayangkan saja batu yang memiliki ukuran sebesar mobil bus dapat ditopang oleh batu yang ukurannya jauh lebih kecil.

Namanya adalah Balanced Rock merupakan Sebuah batu terunik didunia dengan formasi geologi alami yang menampilkan sebuah batu besar bertumpu pada batu lain yang sering kali lebih kecil ukurannya namun dengan kondisi seimbang batu tersebut justru tidak jatuh.

batu-terunik-didunia
Batu terunik didunia

Letak batu terunik didunia


Berikut ini adalah 10 Letak Batu Terunik di Dunia dengan formasi geologi seimbang atau bahasa kerennya "Balanced Rock".

1. Balanced Rock di Utah

batu-terunik-didunia

Balanced Rock di Utah adalah salah satu fitur yang paling populer dari Taman Nasional Arches, terletak di Utah, Amerika Serikat. batuan ini terletak di sebelah jalan utama di taman nasional, sekitar 9 mil dari pintu masuk taman. Tinggi total dari Balanced Rock adalah sekitar 39 m, dengan Balanced Rock naik 16,75 m di atas dasar batuan. Batu besar di atas ukurannya sepadan dengan tiga bus sekolah.


2. Balanced Rock, Colorado

batu-terunik-didunia

batu terunik didunia kali ini adalah Batu karang yang seimbang terletak di Garden of the Gods di Colorado Springs, Colorado. tempat ini mudah diakses dengan jalan beraspal dan merupakan tempat yang populer untuk fotografi wisata.


3. Balancing Rock, Digby, Nova Scotia

batu-terunik-didunia

The Rock Balancing di Bay St Mary di Long Island, Nova Scotia tampaknya seperti melawan gravitasi dan tingginya sekitar 9 meter.


4. Idol Rock, Moor Brimham
batu-terunik-didunia

5. Mushroom Rock, Kansas
batu-terunik-didunia
6. Chiremba Balancing Rocks, Zimbabwe

batu-terunik-didunia
Batu terunik didunia atau The Rocks Balancing Chiremba terletak 13 km sebelah tenggara dari Harare di Epworth. Meskipun batu balancing aneh yang ditemukan di seluruh Zimbabwe, yang satu ini menjadi terkenal setelah ditampilkan dalam mata uang Zimbabwe.


7. Meksiko Hat, Utah

batu-terunik-didunia

Pembentukan Mexican Hat batu terletak di Highway 163, 24 km sebelah barat dari Bluff, di Utah. Nama "Mexican Hat" berasal dari betuk sebuah rasa ingin tahu sombrero, lebarnya 60-kaki dan tebalnya 12-kaki.
8. Devils Marbles, Australia

batu-terunik-didunia

Batu terunik didunia yang diberi nama The Marbles Devils adalah diantara bebatuan Australia paling terkenal, terletak di sebelah selatan daerah Creek Tennant dari Northern Territory. batu-batu granit bulat dengan ukuran bervariasi mulai dari 50 cm hingga enam meter, dan batuan itu tersebar di area yang luas. Tampak dari beberapa batuan dalam keadaan seimbang di atas batuan lain

9. Kjeragbolten, Norwegia

batu-terunik-didunia

Kjeragbolten adalah batuan sebasar 5 meteran kubik yang terjepit di sebuah jurang di pinggirgunung Kjerag di Lysefjorden, Norwegia. batu itu tersangkut 984 meter di atas jurang yang dalam. jalan menuju tempat itu mudah diakses dengan berjalan kaki tanpa peralatan khusus. Seluruh gunung Kjerag merupakan daerah mendaki populer, dan Kjeragbolten adalah tempat foto favorit.
10. Golden Rock, Burma

batu-terunik-didunia

The Rock Golden (Kyaik-htiyo atau Kyaiktiyo), bertengger di atas tebing dekat Yangon, adalah salah satu situs paling suci di Birma. Menurut legenda, Batu Emas itu bertengger di sehelai rambut Buddha. Batu itu tampaknya melawan gravitasi, karena terlihat berada di ujung bukit. Di bagian atas batu itu dibangun sebuah pagoda kecil dan ditutupi dengan daun emas yang disisipkan oleh pemujanya.