10 Fakta Unik Semangka


Semangka mungkin buah yang sering kita makan, akan tetai taukah kamu bahwa ada banyak fakta menarik tentang semangka yang mungkin belum kita ketahui, Nah berikut ini adalah faktanya


1. Varietas Semangka 

Varietas Semangka mempunyai perbedaan yang sangat berbeda bisa dilihat dari bentuknya, warnanya dan bahkan tekstur dari bibitnya. Lebih dari 1200 Varietas semangka yang ada pada saat ini. Beberapa tanaman semangka bahkan mempunyai daun yang berwarna kuning. Beberapa Varietas ada juga yang mempunyai kulit yang tipis.

2. Buah Yang Menyehatkan 

Dengan Keistimewaan kandungan yang tidak membuat anda gemuk dan tidak ada kandungan kolesterol dalam buah ini, tetapi terkandung vitamin yang di butuhkan oleh tubuh seperti vitamin A dan Vitamin C. Buah Semangka Adalah buah yang menyehatkan dan wajib untuk di kosumsi, selain itu semangka juga mengantu banyak mineral. Semangka Juga tidak akan menggagu program diet anda walaupun rasa ada rasa manis di semangka.

3. Buah Atau Sayuran 

Semangka mempunyai relasi dekat dengan Labu dan Mentimum, dan sampai saat ini masih banyak perdebatan apakah semangka itu buah atau sayuran.Walaupun dalam kalangan luas semangka dianggap sebagai buah yang dikarenakan dianggap sejenis seperti raspberry, strawberries, ataupun cheri.

4. Diproduksi Di Seluruh Dunia.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, buah semangka yang mempunyai kurang lebih 1200 varietas tumbuh hampir disetiap daerah yang ada di bumi ini.Banyak Negara yang mengekspor buah ini dalam jumlah yang sangat besar.Tumbuhan semangka sangat cocok di berbagai iklim dan keadaan alam, maka tidak heran hamper di seluruh dunia ini kita dapat menemukan semangka.

5. Semangka Sebagai Hadiah

Percaya atau tidak, dalam tradisi kuno cina dan jepang semangka dijadikan sebagai hadiah dan sampai sekarang kebudayaan tersebut masih ada. Hadiah semangka yang berarti sebuah hadiah yang sangat manis dan melambangkan cinta. Bahkan untuk membuat semangka tersebut terlihat unik maka tidak heranlah semangka dapat berbentuk kotak, hati, dll.

6. Semangka Dan Keju

Siapa sangka di dunia Arab sangat terkenal menggabungkan buah semangka dipadupadankan dengan keju. Anda Akan terkejut bila sebuah makanan seperti fast food yang bernama burger semangka dengan keju, yang biasa digunakan sebagai hidangan penutup saat makan. Dan ternyata kombinansi semanga keju menjadikan sebuah kombinasi yang sangat menyehatan bagi tubuh dan rasanya yang enak.

7. Biji Yang Aman Di Kosumsi

Biji Dari semangka sangat aman di kosumsi bahkan di Indonesia di jadikan makanan ringan bernama kuaci.

8. Berguna Bagi Kesehatan

Semangka sangatlah sehat untuk di kosumsi, dan dapat membantu untuk orang yang sedang menderita asma dan beberapa tipe kanker, dan yang anehnya lagi semangka dapat membantu orang yang sedang mengidap diabetes untuk menikmati rasa manis pada lidahnya. Dan semangka termasuk dari 10 buah yang sangat menyehatkan.

9. 90 Persen Kandungan Air

Dalam bahasa inggris semangka disebut “Watermelon” dikarenakan semangka mengandung 92% Air dan 8% kandungan gula. Pada saat anda mengangkat semangka, anda pasti merasakan semangka itu berat daripada kelihataanya dikarena kandungan air dalam semangka.

10. Semangka Terbesar Didunia

Percaya Atau tidak, semangka terbesar didunia beratnya 108 kg. Semangka ini di tanam dan dirawat oleh Bill Carson pada awal tahun 90an di kota Tennessee Amerika. Dan sampai saat ini rekor tersebut belum bias dikalahkan.