8 Penyakit Akibat Putus Cinta


Ada baiknya Anda tak terlalu galau dan sedih ketika sedang putus cinta. Pasalnya, hal itu memang tak baik bagi kondisi kesehatan tubuh Anda. Jadi, selain sakitnya di hati dan di pikiran, juga bisa membuat raga Anda dilanda masalah kesehatan.

Saat Anda sedang putus cinta, bantu diri Anda untuk lebih termotivasi dan bangkit dari kesedihan, bila tidak, 8 penyakit ini mengancam kesehatan Anda.

Insomnia
Saat seseorang sedang mengalami patah hati dan putus cinta, pikirannya biasanya lebih sibuk dan kalut, sehingga tubuh jadi lebih cemas tanpa kita sadari. Awas, Anda bisa terlalu banyak berpikir hingga malam tiba dan membuat Anda susah terlelap di malam hari.


Masalah Pencernaan
Stres paling bisa mempengaruhi kondisi tubuh Anda, terutama masalah pencernaan. Karena Anda tak berhenti bersedih, kortisol mengacaukan indeks glikemik dan membuat nafsu makan menurun. Ini akan beresiko membuat Anda sakit lambung hingga diare parah.


Kelelahan
Dalam kondisi pikiran yang kurang bahagia, membuat kita seringkali lebih lemah dari biasanya. Mau melakukan apapun tak semangat. Atau, tenaga yang dimiliki tak berimbang dengan aktivitas impulsif yang kita lakukan untuk pelampiasan.


Sakit Kepala
Ada kalanya kita terlalu tegang memikirkan sesuatu sehingga kepala kita jadi pening. Begitupula ketika kita sedih atau terlalu marah. Sakit kepala juga bisa disebabkan karena kita kurang nafsu makan.


Kerusakan Memori
Putus cinta bisa mempengaruhi sistem kognitif seseorang. Saking depresinya, mereka bisa bertindak di luar kesadaran. Misalnya bekerja habis-habisan, sering lupa dan sering tidak konsentrasi.


Goncangan Jiwa
Yang namanya putus cinta pasti menjadi pukulan berat bagi seseorang. Oleh karena itu kita bisa mengalami goncangan jiwa. Menjadi cepat marah, mudah menangis, bahkan tendensi untuk bunuh diri. Bila Anda rentan pada hal seperti ini, pastikan Anda dekat dengan seseorang yang bisa menemani Anda sehingga tidak kacau saat Anda sendirian.


Degup Jantung Tak Beraturan
Stres akibat putus cinta bisa menyebabkan masalah pada jantung. Mulai dari degup jantung tak beraturan hingga sakit jantung serius. Latihan relaksasi bisa membantu Anda mengatasi berbagai masalah yang membuat jantung Anda lebih stabil.


Anorexia
Penyakit ini sesungguhnya berhubungan dengan mind set. Biasanya karena kita tak percaya diri pada penampilan dan berpikiran bahwa kita putus karena ada orang lain yang lebih cantik dan langsing. Tingkatkan pikiran positif bahwa cinta bukan sekedar urusan penampilan, namun juga kecocokan jiwa