5 Fakta Tentang Kolestrol yang Harus Kamu Ketahui


Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemuka pada membran sel dan disirkulasi dalam plasma darah. Kolesterol yang tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Oleh karena itu, banyak orang yang menjaga pola makannya untuk menghindari hal ini.

Namun, ternyata kolesterol memiliki fakta menarik yang belum kamu ketahui. Fakat-fakta tersebut penting untuk diketahui agar kamu tidak salah menanggapi fakta-fakta tentang kolesterol.

1. Tubuh menghasilkan kolesterol
Sebagian besar orang menganggap bahwa kolesterol berasal dari makanan yang berlemak. Tapi, ternyata kolesterol juga dihasilkan oleh tubuh sesuai dengan kebutuhan. Namun, hanya saja kolesterol yang berlebihan dihasilkan dari makanan yang kamu konsumsi.


2. Bukan hanya bersumber dari makanan berminyak
Banyak orang yang meyakini bahwa kolesterol yang berlebihan didapat dari makanan yang berlemak, dan berminyak. Namun, ternyata kolesterol tak hanya di hasilkan dari makanan yang berlemak dan berminyak saja, kolesterol juga di hasilkan oleh hati hewan. Jadi, makanan yang mengandung hewan seperti susu, daging, dan telur juga dapat meningkatkan kolesterol didalam tubuh kamu loh.


3. Berfungsi sebagai penyembuh
Ternyata kolesterol tak selamanya jahat. Kolesterol juga memiliki fungsi yang baik, yaitu dapat emmbantu regenerasi sel dalam tubuh.


4. Kolesterol dipengaruhi gen
Beberapa orang pasti pernah mengalami yang namanya gagal diet, meskipun telah menghindari makanan yang berlemak dan berminyak. Meskipun tak banyak orang yang mengetahuinya, tapi ternyata kolesterol juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Jadi, jangan salahkan diri kamu ya jika kamu mengalami gagal diet.


5. Otak kaya akan kolesterol
Ternyata otak manusia juga kaya akan kolesterol. Kolesterol tersebut ternyata melapisi sel-sel saraf, seperti struktur untuk menggantung neuron.