4 Jenis Bentuk Puting Payudara


Seperti halnya bentuk payudara, bentuk puting payudara juga cenderung tidak sama. Antara puting kanan dan kiri, jarang ada yang benar-benar sama ukuran dan bentuknya. Bicara soal puting payudara, menurut penelitian, di dunia ini ada beberapa jenis puting payudara. inilah secara garis besar bentuk puting payudara yang dimiliki wanita.

Puting payudara normal
Ciri-cirinya adalah puting terletak beberapa milimeter dari areola (daerah yang melingkari puting). Puting ini akan berubah mengeras dan tegang ketika ada stimulasi.

Puting payudara flat
Puting payudara berbentuk flat sebenarnya masih termasuk puting normal, bagian puting agak masuk ke dalam payudara. Dan biasanya tidak menonjol keluar sekalipun ada stimulasi.

Di beberapa kasus, puting jenis ini akan keluar saat menyusui.
Puting payudara puffy
Puffy artinya gemuk dan berisi, dan terlihat menonjol serta ukurannya agak besar. Namun, puting jenis puffy ini berarti bagian areolanya yang jauh lebih gemuk dan berisi.

Puting payudara inverted
Inverted atau disebut juga terbalik, yang artinya dia masuk ke dalam. Puting jenis ini dibagi lagi menjadi tiga jenis.
A. Yang bisa keluar dengan normal saat ada stimulasi atau saat menyusui.
B. Yang bisa ditarik keluar melalui operasi
C. Yang tidak bisa ditarik keluar sekalipun telah menjalani operasi. Umumnya pada kasus ini akan dibuat puting baru dengan cara operasi.

Lihat gambar berikut untuk mencari tahu apakah jenis puting payudara Anda tergolong normal atau tidak.
Merawat puting yang cenderung masuk ke dalam bisa dilakukan dengan cara massage menggunakan air hangat. Lakukan massage lembut memutar searah jarum jam kemudian mengangkat ke atas, sehingga perlahan puting akan keluar secara alami.