9 Hal Yang Akan Menghancurkan Bumi Kita

http://astronesia.blogspot.com/
Gambaran akhir dunia

Astronesia-Dari bencana perubahan iklim sampai invasi alien,Hollywood rutin membayangkan ujung apokaliptik untuk tugas manusia di planet bumi.

Misalnya, dalam film "After Earth" yang ditayangkan di bioskop Jumat (31 Mei), serangkaian gempa bumi, banjir, tsunami dan bencana alam lainnya membuat planet ini tidak lagi ramah terhadap manusia,dan kehidupan kembali pada dunia baru yang disebut Nova Prime.

Tapi walaupun film hanya fantasi murni, banyak ilmuwan khawatir tentang skenario berbahaya lainnya bahkan beberapa di antaranya menakutkan dari apa yang telah digambarkan di film tersebut.

Dari wabah penyakit sampai ke pemberontakan robot, berikut ini adalah 9 kemungkinan skenario kiamat menurut ilmuwan :

1. Global Warming

Ibu dari semua ketakutan apokaliptik, perubahan iklim adalah ancaman terbesar yang dihadapi planet ini, banyak ilmuwan mengatakan.Perubahan iklim bisa membuat cuaca ekstrim lebih parah, meningkatkan kekeringan di beberapa daerah, mengubah distribusi hewan dan penyakit di seluruh dunia, dan menyebabkan daerah dataran rendah dari planet ini akan tenggelam disebabkan naiknya air laut.Perubahan dapat menyebabkan ketidakstabilan politik, bencana kekeringan, kelaparan, runtuhnya ekosistem dan perubahan lainnya yang membuat planet bumi jelas tidak ramah lagi untuk hidup kehidupan.

2. Asteroid

Yang ini paling banyak diangkat dalam film, tetapi para ilmuwan betul-betul dibuat khawatir bahwa batu luar angkasa bisa menghantam Bumi.Dampak meteor dapat dilihat pada peristiwa kepunahan dinosaurus dan
dalam peristiwa Tunguska, sebuah meteor besar merusak sekitar 770 mil persegi (2.000 kilometer persegi) hutan Siberia pada tahun 1908.Bahkan yang lebih menakutkan,para astronom hanya tahu sebagian kecil dari batuan ruang angkasa yang bersembunyi di sistem tata surya.

3. Ancaman Wabah

Ada banyak wabah baru yang muncul setiap tahun di dunia,termasuk wabah SARS (sindrom pernafasan akut parah), flu burung, dan, terakhir, coronavirus yang disebut MERS yang berasal dari Arab Saudi.Dan karenawabah ini sangat berhubungan erat dengan ekonomi global kita, penyakit yang mematikan ini bisa menyebar seperti api.

"Ancaman pandemi global sangat nyata," kata Joseph Miller, co-penulis (bersama dengan Ken Miller) dari buku "Biologi" (Prentice Hall, 2010).

4. Jamur di antara kita

Meskipun ancaman bakteri berbahaya, ancaman jamur bahkan lebih menakutkan, kata David Wake, kurator di Museum Zoologi Vertebrata di University of California, Berkeley.

"Kami sudah memiliki penyakit jamur amfibi baru memiliki pengaruh yang sangat buruk," kata Wake,jamur chytrid yang memusnahkan katak di seluruh Amerika Serikat.

Sebuah jamur yang fatal pada manusia akan menjadi bencana.Bakteri memang mematikan,tapi antibiotiknya melimpah.Sedangkan jamur masih sedikit yang kita tahu.

5. Penyakit yang Direkayasa

Penyakit alam adalah bukan satu-satunya yang ketakutan.

Pada tahun 2011, komunitas ilmiah sangat marah dikarenakan para peneliti telah merekayasa versi mutan dari flu burung H5N1 yang menular dalam ferret dan ditularkan melalui udara.Peristiwa ini memicu kekhawatiran bahwa penyakit mematikan yang direkayasa secara tidak sengaja bisa melarikan diri dari laboratorium atau sengaja dilepaskan, mengarah ke pandemi global.

6. Perang Nuklir

Banyak ilmuwan masih khawatir tentang akhir dunia yang di akibatkan oleh perang nuklir global.Selain pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang memamerkan kekuatan senjatanya serta proyek rahasia nuklir Iran,stok besar senjata nuklir di seluruh dunia bisa mendatangkan kehancuran jika dipegang oleh tangan yang salah. 

Tahun lalu Bulletin of the Atomic Scientists,sebuah majalah nonteknis pada keamanan global yang didirikan pada tahun 1945 oleh mantan fisikawan proyek Manhattan, menggeser Jam Kiamat, lima menit sebelum tengah malam.Jam kiamat menunjukkan bagaimana manusia sangat rentan terhadap penghancuran melalui senjata nuklir atau biologis atau perubahan iklim global.

7. Robot Pembunuh

"The Terminator" mungkin hanya film fiksi ilmiah, tetapi mesin pembunuh ini tidak jauh dari kenyataan.PBB baru-baru ini menyerukan larangan untuk membuat robot pembunuh,mungkin karena para ahli khawatir bahwa beberapa negara akan mengembangkan mereka.

Sekarang banyak komputer sains yang bisa berfikir singularitas, titik di mana kecerdasan buatan menyusul kecerdasan manusia sudah dekat.Apakah robot nanti bisa membantu manusia atau akan jadi momok yang menakutkan,itu masih jadi bahan perdebatan.

8. Populasi Yang Berlebihan

Ketakutan akan membludaknya penduduk dunia telah ada sejak abad ke-18, ketika Thomas Malthus meramalkan bahwa pertumbuhan penduduk akan menyebabkan kelaparan massal dan melemahkan planet ini.Dengan populasi global 7 miliar jiwa, banyak konservasionis berpikir pertumbuhan penduduk merupakan salah satu ancaman utama bagi planet ini.Tentu saja, tidak semua orang setuju: Banyak orang berpikir pertumbuhan penduduk akan stabil dalam 50 tahun ke depan.

9. Efek Bola Salju

Meskipun masing-masing skenario bisa terjadi, kebanyakan ilmuwan berpikir efek bola salju dari beberapa peristiwa lebih memungkinkan, kata Miller.Misalnya, pemanasan global bisa meningkatkan prevalensi patogen,sementara juga menyebabkan pergeseran luas di iklim.Sementara itu, runtuhnya ekosistem bisa membuatnya sedikit lebih sulit untuk menghasilkan makanan, tanpa lebah untuk penyerbukan tanaman atau pohon untuk menyaring air pertanian.Jadi, bukan sebuah bencana epik, beberapa faktor yang relatif kecil akan sedikit memperburuk kehidupan di Bumi sampai terdegradasi secara bertahap, kata Miller.

Dalam skenario itu, kehancuran Bumi tidak dramatis, "seperti diserang oleh harimau bertaring tajam," kata Miller melainkan lebih seperti digigit bebek sampai mati .


Oleh karena itu marilah kita menjaga Bumi kita agar tetap hijau ,sehat dan aman.Karena Bumi adalah tempat yang paling istimewa di alam semesta yang luas ini :),salam Astronesia.


No comments:

Post a Comment